4 Jenis Sakit Kepala yang Patut Anda Ketahui

Diposting pada

Sakit kepala adalah sakit yang paling sering kita alami. Setidaknya pasti kita akan merasakannya dalam kurun waktu tertentu. Sakit kepala dapat berlangsung antara 15 menit hingga beberapa hari. Sakit kepala dapat menjadi indikasi penyakit berat. Sakit kepala sendiri secara garis besar dibedakan menjadi dua yaitu sakit kepala primer dan sekunder. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengenali jenis jenis sakit kepala agar nantinya kita dapat mengatasi sakit kepala kita dengan tepat. Lalu apa saja jenis sakit kepala? Berikut ulasannya;

1. Sakit kepala sebelah (migrain)

Sakit kepala sebelah atau migrain adalah sakit kepala yang dimana rasa sakit hanya pada separuh bagian kepala. Sakit kepala sebelah serap mengganggu kita sebab rasa sakitnya kadang tak tertahankan diiringi dengan rasa mual, muntah, peka terhadap bising, aroma, dan cahaya. Sakit kepala sebelah dapat disebabkan oleh sejumlah faktor antara lain minuman keras, merokok, kurang tidur dan lainnya.

2. Sakit kepala hipnik

Sakit kepala hipnik adalah sakit kepala langka yang dirasakan sejumlah orang yang biasanya dirasakan oleh orang yang telah lanjut usia. Selain itu sakit kepala hipnik masih belum dapat dipastikan penyebabnya. Sakit kepala hipnik biasanya berlangsung beberapa jam hingga seminggu. Sakit kepala hipnik kerap membangunkan penderita dari tidur sebab rasa sakitnya yang tak tertahankan.

3. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang adalah jenis sakit kepala yang terjadi akibat tegangan otot di kepala. Ini terjadi karena berbagai faktor seperti stres, kurang tidur dan mengkonsumsi obat-obatan. Sakit kepala ini dapat timbul dan hilang sewaktu-waktu. Sakit kepala jenis ini dapat dirasakan di kedua belah area kepala.

4. Sakit kepala hormonal

Sakit kepala hormonal adalah jenis sakit kepala yang disebabkan oleh fluktuasi hormonal yang biasanya terjadi pada wanita ketika sedang menstruasi, hamil, dan lainnya. Sakit kepala saat sedang haid kerap disebut migrain menstruasi yang kerap melanda wanita yang sedang, setelah atau sebelum menstruasi. Hormon yang bertanggung jawab adalah hormon estrogen.