5 Antibakteri Alami yang Mampu Membunuh Virus dan Kuman

Diposting pada

WHO dan pemerintah menghimbau setiap orang untuk mencuci tangan untuk meningkatkan tindakan pencegahan terutama saat wabah Covid 19 seperti sekarang ini. Selain mencuci tangan, Anda juga perlu menjaga benda-benda di sekitar untuk tetap bersih.

Hal itu karena virus Covid 19 bisa hidup pada benda-benda mati hingga beberapa waktu tertentu. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda maupun perkakas di sekitar aman dari kuman maupun virus penyakit, sehingga Anda perlu mengenali bahan alami yang mampu membunuh virus.

Lemon

Lemon memiliki kandungan berupa asam sitrat yang bisa bekerja secara efektif ketika dipakai sebagai bahan dalam sabun. Lemon sendiri bisa dipakai untuk memurnikan logam teroksidasi seperti wajan & panci tembaga serta membersihkan permukaan tidak berpori.

Sebuah studi bahkan membuktikan bahwa lemon bisa mengurangi bakteri pada permukaan keras, meskipun kurang efektif jika dibandingkan dengan cuka.

Cuka

Cuka terbuat dari zat berupa asam asetat yang mempunyai daya pembersih. Dikutip dari sumber Real Simple, suatu studi menunjukkan bahwa cuka ternyata mengurangi jumlah bakteri yang ada di permukaan.

Asam asetat yang terkandung dalam cuka tersebut juga bisa dipakai untuk membunuh bakteri di atas permukaan benda. Selain itu, cuka juga dapat menjadi suatu alternatif pembersih mikroba secara alami.

Minyak Esensial

Minyak esensial juga bisa melawan bakteri dan jamur selain memiliki khasiat sebagai penyembuh dan obat. Sejumlah penelitian mendapati bahwa minyak esensial dapat dipakai untuk membunuh suatu bakteri pada benda mati.

Uap 

Uap air yang tercipta dari panas dan air ini bisa Anda jadikan sebagai desinfektan alami. Uap air dapat membunuh virus dan bakteri pada permukaan lunak serta keras, ketika air tersebut dipanaskan lebih dari 90° C secara alami.

Kemudian akan memerlukan waktu sampai dengan 20 detik untuk membuat bakteri, virus, kuman, atau tungau untuk mati ketika terpapar uap air.

Alkohol 60%

Anda bisa memakai alkohol dengan kandungan 60% untuk efektif 99,99% membunuh virus dan bakteri ketika dioleskan ke benda-benda mati. 

 

Anda dapat memakai 5 anti bakteri alami di atas untuk dipakai mencegah penyebaran berbagai penyakit, termasuk virus Corona yang sedang menjadi wadah di seluruh dunia pada saat ini. Pakai anti bakteri tersebut sebagai alternatif untuk membuat desinfektan yang terjamin keamanannya.