penyebab dan pengobatan karies gigi

Karies Gigi : Pengertian, Penyebab, Ciri dan Cara Menghindarinya

Diposting pada

Gigi harus dirawat dengan baik. Jika tidak mendapatkan perawatan yang baik sesuai kebutuhan, gigi bisa rusak dan menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius. Jenis masalah pada gigi juga beragam, salah satunya adalah karies gigi. 

Karies gigi adalah salah satu jenis masalah gigi yang paling umum terjadi. Masalah pada gigi ini umumnya terjadi karena kerusakan pada bagian enamel gigi. Karies gigi ini umumnya terjadi pada anak-anak dan tentunya bisa dicegah. Untuk tahu lebih banyak mengenai masalah gigi yang satu ini berikut ini adalah ulasannya. 

Karies gigi, penyebab dan cirinya

Untuk tahu lebih banyak mengenai karies gigi, ini dia ulasan mengenai penyebab serta ciri-cirinya. 

Penyebab karies gigi 

penyebab dan pengobatan karies gigi

Seperti disebutkan sebelumnya, karies gigi adalah sebuah kondisi di mana gigi mengalami kerusakan pada bagian enamelnya. Kerusakan pada bagian ini bisa disebabkan karena bakteri. Bakteri yang menyebabkan karies gigi ini sesungguhnya bukan bakteri yang buruk. Pasalnya bakteri penyebab karies ini adalah bakteri yang bertugas membantu memecah makanan saat makanan dicerna di mulut. 

Hanya saja karena enamel masih dalam kondisi yang lemah, enamel gigi lebih mudah terkikis yang pada akhirnya menyebabkan gigi tidak nyaman dan memiliki penampilan yang rusak. Ya, masalah karies gigi umumnya memang disebabkan karena enamel gigi yang lemah, inilah yang membuat karies biasanya terjadi pada usia anak-anak. 

Ciri-ciri karies gigi 

Jika Anda belum tahu seperti apa ciri dan penampilan dari karies gigi, maka berikut ini adalah ulasan mengenai ciri gigi yang mengalami karies. Ciri ini bisa kita bedakan menjadi 2 yaitu ciri fisik dan ciri non fisik. 

  1. Ciri fisik dari masalah karies gigi 
    Dilihat dari fisiknya, karies gigi umumnya memiliki beberapa ciri. Ciri dari karies gigi ini antara lain adalah :

    • Lubang yang terlihat pada permukaan gigi 
    • Noda berwarna coklat atau menghitam 
  2. Ciri non fisik pada masalah karies gigi 
    Karies gigi adalah sebuah kondisi di mana permukaan gigi mengalami kerusakan. Akan tetapi yang mengalami masalah bukan hanya penampilan gigi saja. Melainkan Anda juga akan merasa beberapa gejala tidak nyaman pada gigi Anda. 

    Salah satu gejala yang paling banyak dialami oleh penderita karies gigi adalah gigi yang terasa nyeri dan gigi sensitif. Gigi sensitif adalah kondisi gigi yang mengalami nyeri saat mengonsumsi makanan yang manis, pedas atau dingin. 

Siapa saja yang mungkin mengalami karies gigi?

Penderita karies gigi yang paling umum sudah disebutkan yaitu mereka yang berada di usia muda. Biasanya anak yang paling rentan mengalami masalah karies gigi ini adalah anak berusia 6 hingga 11 tahun. 

Anak pada usia 6 hingga 11 tahun umumnya memang memiliki kondisi enamel gigi yang masih lemah. Hal inilah yang membuat gigi anak di usia kecil masih rentan mengalami karies gigi. Akan tetapi bukan berarti orang yang sudah dewasa tidak memiliki kemungkinan mengalami karies gigi. Selain menyerang anak usia 6 hingga 11 tahun, karies gigi juga bisa menyerang di usia 12 hingga 19 tahun. 

Cara mencegah karies pada gigi

Karies gigi memang sangat umum, akan tetapi bukan berarti masalah gigi ini tidak bisa dicegah. Untuk mencegah karies gigi ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari 
  • Membersihkan gigi dengan menggunakan dental floss 
  • Mengonsumsi makanan bernutrisi dan meminimalisir makan makanan ringan 
  • Mengunjungi dokter gigi secara rutin untuk pemeriksaan dan perawatan. 

Sumber: www.toothsignature.com