Salep Hidrokortison dan Eksim

Diposting pada

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kulit merah, gatal dan teriritasi. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan dan menyebabkan isolasi sosial bagi mereka yang menderita eksim. Eksim mempengaruhi sekitar 10 persen populasi di beberapa titik dalam hidup mereka, paling sering selama masa kanak-kanak atau remaja. Tetapi sebanyak sepertiga orang dewasa dengan eksim parah mungkin mengalami gejala awal di kemudian hari, biasanya antara usia 20 hingga 40 tahun.

Penting untuk diketahui bahwa meskipun tidak ada obat untuk eksim, pilihan pengobatan yang efektif tersedia untuk mengendalikan gejala dan meningkatkan kualitas hidup. Ada dua jenis: obat antiinflamasi topikal seperti Salep Hidrokortison.

Harga Salep Hidrokortison di apotik bervariasi tergantung pada kekuatan berapa yang Anda beli. Dokter Anda yang dapat menentukan pada kekuatan berapa yang akan diresepkan atau digunakan untuk kondisi Anda. Obat ini dikemas dengan kemasan tube 5 gram. Anda dapat membeli obat ini dengan resep dokter di sebagian besar toko di apotek. Jika Anda juga bisa membeli obat ini secara online dengan mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Dosis yang paling umum adalah dioleskan secara tipis yang diterapkan 2 sampai 3 kali per hari, tetapi instruksi dapat bervariasi tergantung pada produk. Anda harus selalu mengikuti petunjuk pada resep Anda atau yang diberikan kepada Anda oleh dokter Anda.

Pilihan alami seperti krim kulit atau salep yang mengandung bahan-bahan seperti lidah buaya, shea butter, minyak pohon teh, ekstrak mentimun dan ekstrak teh hijau tersedia untuk banyak orang, tetapi ada sedikit bukti ilmiah untuk mendukung klaim bahwa perawatan ini berhasil. Sebagai gantinya, Anda harus mencoba menghindari iritasi kulit tertentu (yang dapat mencakup sabun dan wewangian), aktivitas penghilang stres seperti yoga atau meditasi, makanan dan minuman yang mungkin memicu gejala eksim, dan sinar ultraviolet (seperti paparan sinar matahari).

Obat antiinflamasi topikal bekerja dengan mengurangi peradangan pada kulit. Mereka tersedia sebagai krim, salep dan lotion yang dapat dioleskan langsung ke kulit di mana gejalanya paling parah atau meluas (meskipun Anda harus menjauhkan produk Hidrokortison dari mata Anda dan jangan mengoleskannya di dekat mulut Anda).

Seperti halnya pengobatan topikal lainnya, penting untuk diingat bahwa antiinflamasi topikal dimaksudkan untuk aplikasi langsung ke kulit (yaitu, obat tersebut tidak boleh dikonsumsi secara oral atau disuntikkan ke dalam kulit). Jika Anda menggunakan obat steroid, penting juga untuk menggunakan perawatan ini sesuai petunjuk. Menggunakan terlalu banyak krim atau salep steroid topikal dapat menyebabkan penipisan kulit Anda, dan dapat meningkatkan risiko efek samping seperti atrofi kulit, telangiektasis (pembuluh darah melebar), peningkatan memar dan tulang yang melemah.